Senin, 07 Februari 2011

Tuhan..tolooong

Saat pasienku kakek dan nenek umur 70 thn dan 67 thn masuk, perasaan ibaku muncul karena mereka datang berdua tanpa ditemani oleh anak ataupun cucunya. Rupanya si kakek yang sakit, beliau mengeluh demam sejak seminggu yang lalu, disertai mual, muntah, nyeri perut, pusing, lemas, dan nafsu makan tidak ada. Aku memeriksa kakeknya dengan berhati-hati. Aku menduga kakek menderita Demam Tyfoid. Pemeriksaan laboratorium kusarankan untuk diagnosa pastinya, tapi neneknya menolak dan meminta aku memberikan obat saja. Aku tidak bisa memaksa mereka, akhirnya aku menyiapkan obat antibiotik, penurun panas, muntah dan vitamin. Aku menerangkan aturan minum obat yang benar dan menjelaskan pantangan yang harus dihindari. Saat tiba pembayarannya dan belum sempat aku mengatakan berapa yang harus dibayar, nenek itu mengeluarkan gumpalan uang yang lusuh terdiri dari uang seribuan dan logam ratusan dari lipatan kain diperutnya. Dengan wajah yang sedih dia meminta maaf hanya bisa membayarku seadanya. Hatiku sedih banget dan sangat tersentuh. Aku bisa melihat kepedihan dan kesedihan dimata nenek dan kakek itu. Sehari-harinya mereka berdua berjualan kue dijalan-jalan, dan pekerjaan itu jadi terhenti karena kakek sakit akibat kelelahan. Ingin dibawa ke dokter tapi belum memiliki uang yang cukup. Nenek harus mengurus kakek sendirian karena mereka tidak memiliki anak maupun keluarga. Aku sungguh tidak tega melihatnya, aku menolak uang itu dan mengembalikan pada nenek serta menambahkan seikhlasnya, berharap uang itu bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Nenek dan kakek itu menangis, mengambil tanganku dan menciumnya dan mengucapkan terimakasih.. Aku ikut menangis, dalam hati berdoa untuk kesembuhan kakeknya serta selalu dalam perlindungan dan pertolongan Tuhan. Sebelum nenek dan kakek itu pulang, aku menyampaikan bahwa bila kakek masih sakit beliau boleh datang kembali untuk kontrol. Aku berjanji akan berusaha membantu semampu aku. Tetapi segalanya kuserahkan kepada Tabib yang Ajaib yaitu Tuhan yang Maha Baik.. Karena Dia akan selalu menolong umat yang berseru memohon pertolongan padaNya. Amin.
(Ironis..Disatu sisi begitu banyak orang mampu, tetapi sengaja membuang uang untuk hal-hal yang bisa merusak kesehatannya (minum minuman keras, menggunakan narkotik, merokok dsbnya), tetapi disisi sisi lain ada orang yang sangat ingin sehat namun tak mampu berobat karena tidak memiliki uang).

0 komentar:

Posting Komentar

 
My World Design by: Yanmie at Permata Hatiku