Selasa, 11 Januari 2011

Benjolan di Belakang Telinga

Mengenal lebih dalam tentang Benjolan di Belakang Telinga ..
Benjolan dibelakang telinga umumnya berupa pembengkakan atau radang kelenjar getah bening yang kita kenal dlm bahasa kerennya Limfadenitis. Kelenjar Getah Bening (KGB ) diumpamakasn seperti pabrik sel-sel darah putih biasa disebut lekosit yang bertugas seperti tentara menjaga tubuh kita dari serangan penyebab penyakit. Bila KGB membengkak itu merupakan reaksi tubuh manusia untuk memperbanyak lekosit yang akan menghadang penyebab penyakit dan setiap orang akan mengalami pembengkakan KGB namun berbeda kualitas atau intensitasnya. Ada yang bengkak sedikit, ada yang bengkaknya banyak. Sedangkan yang membedakan reaksinya yaitu status atau keadaan daya tahan tubuh terhadap penyakit,ada yang kuat tetapi ada yang lemah. Untuk mendapatkan sistem imun yang kuat, ada beberapa hal yang harus kita lakukan yaitu Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi, pola hidup yang sehat, istirahat yang cukup dan Lingkungan yang sehat dan bersih.
‎​Penyebab Limfadenitis karena adanya infeksi dari berbagai organisme seperti bateri, virus, protozoa, riketsia dan jamur.Secara khusus infeksi menyerbar ke KGB dari infeksi kulit, telinga, hidung dan mata. Selain dibelakang telinga,limfadenitis dapat ditemukan di bawah rahang, diatas tulang selangkangan, sekitar ketiak, lipat paha, payudara, buah zakar atau alat genital pria.  Namun kemungkinan kelainan ditempat tersebut bisa karenn radang/infeksi, tumor jinak/ganas, timbunan cairan(hidrocele), timbunan zat tanduk(atheroma), hernia.
‎​GEJALA KGB yang terinfeksi akan membesar dan biasanya lunak dan nyeri,kadang-kadang kulit diatasnya tampak merah dan teraba hangat.
‎​DIAGNOSA ditegakkan berdasarkan gejalanya dan pemeriksaan fisik teraba ada benjolan yang sakit. Namun untuk DIAGNOSA PASTI dilakukan Biopsi Operasi atau Biopsi aspirasi jarum yang dikenal dg Biopsi Aspirasi Jarum Halus atau FNAB. FNAB yaitu pengambilan contoh jaringan dg jarum halus untuk diperiksa dibawah mikroskop, seluruh proses sejak pulasan sampai diliat dibawah mikroskop membutuhkan waktu 1 jam setelah sampel jaringannya didapat. Biopsi dapat menimbulkan rasa sakit tetapi sebatas tusukan jarum seperti digigit semut karena penderita diberikan penghilang rasa sakit setempat(bius lokal). Sebaiknya biopsi dilakukan sesegera mungkin setelah diketahui ada benjolan krn pada dasarnya semakin dini diketahui diagnosanya semakin baik prognosa dan berlaku untuk semua penyebab,karena dengan berjalannya waktu benjolan itu akan tumbuh membesar. Jadi semakin cepat tindakan dilakukan semakin baik dampak terhadap penderita.

TERAPI
Pengobatan tergantung dari organisme penyebabnya. Antibiotik per oral (melalui mulut) atau intra vena (melalui pembuluh darah) biasa diberikan untuk infeksi krn bakteri. Kemudian analgetik (kompres hangat)  diberikan untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya jika infeksi telah diobati, kelenjar akan mengecil secara perlahan dan rasa sakit akan hilang. Kadang-kadang kelenjar yang membesar tetap keras dan tidak lagi terasa lunak dengan perabaan.
    Oke, sekian dulu mengenal limfadenitis lebih dalam... kita akan ketemu lagi dalam blog dunia kesehatanku dengan topik-topik  kesehatan lainnya. Semoga bermanfaaaat,,, Tuhan Memberkati.

    15 komentar:

    Vandhiny mengatakan...

    saya sudah baca artikel di atas,dan saya tidak tau apa benar itu seperti penyakit saya,begini nih curhatnya
    ini di belakang telinga sering terjadi benjolan bergantian kanan kiri,saya kira seperti jerawat biasa soalnya klo rada tua bisa di paksa kluar isinya lalu berganti seperti biasa kluar di sisi baliknya,tp kali ini semakin besar dan kerasa bengkak di leher,apakah itu tumor? bisa di jelaskan

    DR 531VI mengatakan...

    Hai, Vandhiny.. Membaca sharemu,, kemungkinan benjolan itu merupakan abses atau infeksi sehingga bisa mengeluarkan isi kalo dipencet..dan jika abses biasanya akan bertumbuh ditempat yang sama bila pengobatannya tidak adekuat, dan bila dipaksa keluar dia akan semakin terinfeksi akhirnya menjadi parah. Dan karena ada infeksi biasanya kelenjar getah bening disekitarnya akan ikut membengkak, yang terjadi akibat mekanisme pertahanan tubuh kareno proses infeksi atau alergi,, saran saya untuk memastikan,, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan terapi yang tepat,, karena terkadang dokter perlu melakukan biopsi (pengambilan jaringan sedikit) untuk memastikannnya apakah itu merupakan suatu tumor atau infeksi/radang, Terima Kasih..

    ANEKA PENGETAHUAN mengatakan...

    Benjolan kecil di bawah telinga kanan pas bagian leher, tidak sakit tidak nyeri, baru ketahuan 1 hari ini, apa karena kecapaian karena kerja keras?, biasanya tidak pernah kerja keras,, berbahaya tidak

    anggi mengatakan...

    Dok , saya mau tanya nih ..sebelumnya saya cerita tentang pnyakitnya dahulu.
    Jadi gini dok , kaka saya punya benjolan lumayan besar dibawah telinga kanan .. Kadang kadang jika benjolan membesar kaka saya langsung deman , udah coba ke dokter 3x tapi belum sembuh juga ..
    Tapi waktu itu saat berobat yang ke 2x benjolannya mulai mengecil .. Tapi pada saat itu kaka saya diajak keponakan main ke cianjur pakai motor jadi keanginan , besoknya pas pulang ke rumah ... Benjolan itu membesar lagi dan kaka saya demam lagi.
    Kalau makan tenggorokannya sakit ..
    Jadi itu penyakit apa dok?
    Makasih

    Dina mengatakan...

    dok, mau tnya...
    dibawah telinga saya terasa sakit, rasa sakitnya kayak bengkak gitu...kalo diliat biasa ga keliatan ada benjolan...tp ketika dipegang dan agak saya tekan, rasanya kyk ada benjolannya...dan kalo ditekan terasa sakit...
    bisa diberitahu ga itu kenapa..?

    makasih..

    arimami mengatakan...

    Nimbrung ni dok,saya sedang sangat bimbang.ada beberapa benjolan di leher anak saya.saya tdk bs membayangkan diagnosa apa yg kami terima kalo dia dibawa periksa mengingat usianya baru 1,5th dan sedang lucu2nya.benjolan2 itu simetris kiri dan kanan.tapi hanya besar di salah satu sisi saja.seperti di belakang telinga,leher samping dan batas rambut bagian belakang.mengenai kondisi anak saya,sejauh ini dia terlihat sehat dan sangat aktif.berat badannya jg naik dg stabil tiap bulan.jd dg keterangan yg singkat ini saya berharap mendapat pejelasan agar kami dapat segera mengambil langkah yg diperlukan.trims..

    Sultan Mahesa Muhammad al-ghazalie mengatakan...

    berbahaya gkk
    soal nx
    d tilinga ku ada benjolan rada besar
    d pengang nx sakit
    asal nx kecil tapi makin besar
    ,tolong pencerahan nx,,
    terima kasih

    Anonim mengatakan...

    slamat sore
    mohon maaf sebelumnya dok..
    saat ini sy sedang menstruasi pdhal sy sudah menstruaasi 2 minggu yang lalu (3 hari), namun kali ini menstruasi saya disertai demam dan menggigil. biasanya di bulan2 saya hanya pusing.. selain itu juga muncul bbrp benjolan di belakang telinga saya.. mohon penjelasannya dok.. terimakasih..

    7070N mengatakan...

    maaf dok saya mau tanya juga soal benjolan di belakang telinga, ciri2 nya sama persis seperti pada artikel dokter ini, tetapi benjolan ini seperti bisul, ketika sudah membesar akan pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan gumpalan darah dan gumpalan putih. apa itu sama dengan penyakit KGB yang dokter jelaskan diatas? trima kasih.

    Deviana Pramitasari mengatakan...

    dok, saya juga mengalami hal yang hampir sama dg masalah di artikel dokter,
    bahkan benjolan ini ada di bawah telinga kanan dan kiri saya,
    benjolan ini sudah lama ada, tp saya tdak bgitu memperhatikannya,
    jika ditekan rasanya seperti nyeri & bengkak, terkadang keluar darah dari benjolan itu,
    apakah ini berbahaya?
    terimakasih,. ^^

    yuna upil mengatakan...

    Saya mempunyai benjolan d,sebelah kanan tlinga saya awal ny saya kira ini jrawat tp lama klamaan saya suka mrasa pusing dan trasa panas d,seputaran benjolan tsbut..
    Apakah ini trmasuk pnyakit getah bening dok ?

    Dhani Ramadhan mengatakan...

    Dok saya mau tanya. Di belakang telinga sya ada benjolan 3 sblumnya si tak terlalu besar dan sakit, tapi ketika sudah beberapa hari jdi bertambah besar kira kira sebesar kelereng kecil, dan sewktu mlam sya tdur terasa sakit sekali. Ketika saya bangun ternyata bertambah sakit sekali dan membengkak ke3 benjolan tersebut. Tolong bisa di jelaskan dong sebenarnya apa itu?

    Terima kasih dok. Di tunggu jawabannya.

    Raden Aby mengatakan...

    dok, di telinga kiri saya sekitar semingguan ada benjolan yg dokter jelaskan, sakit, hangat, dan sepertinya itu kelenjar. dan tepat pada hari ini, saat saya bangun, ketika ke kamar mandi, rambut bagian kiri saya seperti melekat ke kuping bagian belakang, dan ternyata benjolannya pecah tanpa saya sadari saat tidur, dan ketika saya bersihkan kelenjar nya putih kental, dan belakang telinga tidak sakit lagi, apakah ini sudah tidak ada masalah? jika tidak, apa yang harus saya lakukan?. terimakasih

    Mrs. OnKeyHan mengatakan...

    dok, di telinga kiri aya juga ada benjolan tapi keras gitu terus kalo dipegang sakit. itu apa ya? bahaya ngga? tapi itu adannya baru baru ini aja. kemarin kemarin ngga ada

    Cuplis mengatakan...

    ni Dokternya kemana ya... ko dah setahun ga ada koment lagi :(

    Poskan Komentar

     
    My World Design by: Yanmie at Permata Hatiku