Jumat, 28 Januari 2011

Dream Round The World

ITALY

1. Roma
Banyak tempat-tempat bersejarah yang indah di Roma. Selama ini aku hanya menonton ditelevisi, VCD atau membaca dimajalah. Apalagi kalo kamu-kamu nonton Romeo and Juliet "Venice" kota yang sungguh romantis.. Woooooow.. Fantastic.
ST. PETER'S BASILICA
Letaknya di kota Vatikan, barat Sungai Tiber, dekat dengan Janculum Hill dan Hadrian's Molusoleum. Dibangun pada 18 April 1506, diresmikan 18 November 1626.. Memiliki interior terbesar dari gereja-gereja Kristiani di dunia.. Dengan panjang 220m, lebar 150m dan tinggi 138m. Ukuran kubah luar 42m, kubah dalam 41,5m. St Peter' Basilica ini dipandang sebagai tempat pusat Agama Katolik paling Kudus.. Waduuuuuuh..

THE SPANISH STEPS
The Spanish Steps berlokasi di area market di Roma yang merupakan tangga panjang yang terdiri dari 138 anak tangga, didesain pada tahun 1723 oleh Francesco De Sanctis and the Steps are a mix of curves, straight flights, vistas and terraces. Katanya sih kalau musim panas The Spanish Steps amat sangat padat dengan para turis yang sekedar duduk-duduk, makan, atau istirahat setelah lelah berkeliling toko-toko designer. Keliatannya sangat cocok untuk piknik makan siang hehe. Karena begitu banyak para pengunjung membuat Italia Authority menekankan bahwa kebersihan area The Steps harus trus terjaga. The Spanish Steps menghubungkan gereja Perancis (Trinita Dei Montei) pada puncak bukit dengan Piazza di Spagna dibagian bawah yang merupakan salah satu tempat pertemuan paling popular di Roma dan menjadi salah satu square pemandangan terbaik. Rasanya sulit ya, membayangkan suasananya kalau belum kesana hehe.. Duuuuh,, kapaaaaan yaaaaa?

FORUM ROMANUM

Forum Romanum dulu merupakan pusat kehidupan zaman kekaisaran Roma, ditandai dengan banyaknya peninggalan sisa kemenangan, arca, temple dan basilica.
Di Forum Romanum terdapat Triumphal Arches yaitu Arca Titus dan Arca Septimius Severus, Curia Julia, Rostra, House of the Vestal Virgin, Column of Phocas, beberapa temple didalamnya yaitu Temple of Saturn, Temple of Vespasian and Titus, Temple of Castor and Pollux, Temple of Antoninus and Faustina, Temple of Vesta, Temple of Divus Romulus, and Temple of Venus dan terdapat Basilica yaitu Basilica Julia, Basilica Aemilia dan Basilica of Maxentius. Aduuuh nulis namanya aja sulit apalagi mempelajari sejarahnya.. Kalau aku ke luar kota, pasti akan kucari buku tentang Roma. Penasaaaran banget seh hehe..

COLOSSEUM
Coloseum merupakan salah satu alasan terbesar para turis tertarik untuk mengunjungi Roma. Karena fakta menunjukkan bangunan Colosseum merupakan bangunan terbesar dalam sejarah kekaisaran Roma yang sangat unik dan antik. Hampir 2000 tahun yang lalu, dibawah kekaisaran Vespasiano dimulai 72AD dibangun Colosseum di pusat Roma yang merupakan stadion yang sangat besar berbentuk Elip/oval yang kemudian selesai pada 80AD dan diresmikan oleh Titus, anak Vespasiano. Dulu dikenal dengan nama Flavian Ampitheatre, diambil dari nama Dinasty Flavian.
Colosseum berkapasitas lebih dari 50.000 penonton, dengan ketinggian 160 feet, memiliki 8 pintu masuk dan jika ingin menikmati interior Colosseum ddapat membeli tiket masuk seharga €8  yang juga dapat direservasi via telp +39-06-39967700. Colosseum dibuka setiap hari kecuali hari libur Nasional, pada musim panas buka 9am-6.15pm sementara pada musim dingin tutup lebih cepat. Colosseum menjadi pusat pertunjukan pertarungan Gladiator, tontonan publik, pertarungan binatang, tempat eksekusi atau pertunjukan drama mitologi klasik.
 Namun di era pertengahan setelah kekaisaran Roma jatuh, Colosseum sudah tidak digunakan lagi sebagai tempat pertunjukan tetapi berubah fungsinya sebagai rumah/tempat tinggal pelayan religius, workshop, sebagai benteng dan tempat sembahyang agama Kristen. Dan tentunya sampai saat ini, Colosseum menjadi daya tarik paling popular di Roma yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Woooow. 

TREVI FOUNTAIN
Melihat picture tempat-tempat wisata di Roma rasanya exciting banget. Indaah tetapi agak sulit merasakannya hehe.. Seperti Trevi Fountain, monumen dengan aliran air yang paling terkenal di Roma.. Mendominasi small Trevi square yang berlokasi di Quirinale district. Dibangun pada tahun 1732-1762, Pope Clement XII menugaskan Nicola Salvi untuk membuat fountain besar di Trevi square. Trevi Fountain berakhir di Aqua Virgo dimana tempat berkumpulnya air dari seluruh jalur dari Salone Spring (kira-kira 20km dari Roma). Disana ada patung Neptune Dewa Laut sedang menarik 2 patung kuda laut.. Satu patung dalam keadaan tenang, satu patung dalam keadaan berontak.. Ini menggambarkan keadaan laut yang ga pernah bisa diprediksi. Truuuus, ada mitos neh kalo kita pengen kembali mengunjungi Roma lagi,, lemparkan uang logam kedalam air.. Haaaaa.. Boleeeh juga ntar dicoba yaaa..

2. Pisa 
TORRE PENDENTE
Menara Miring Pisa (bahasa Italia : Torre Pendente di Pisa) adalah menara Lonceng Katedral di Kota Pisa, Italia. Pembangunan Menara Pisa melalui 3 tahap dalam 200tahun. Arsitek yang bertanggung jawab adalah Bonanno Pisano pada thn 1154 yang hanya menyelesaikan 3 tingkat dari 8 tingkat yang mulai menjadi miring pada thn 1173 dilakukan konstruksi karena pondasi yang tidak sempurna, kemungkinan dikarenakan kelembaban pasir dan tanah liat yang tidak stabil karena mengandung jumlah air yang banyak. Hampir seabad pembangunan menara ini sempat terhenti sampai akhirnya pada tahun 1272 arsitek Giovanni dari Simono meneruskannya sampai tingkat ketujuh dan pembangunan sempat terhenti pada tahun 1284 saat Pisa ditaklukan Genoa dalam pertempuran Meloria. Dan akhirnya Tommaso di Andrea Pisano pada tahun 1372 menyelesaikan elemen-elemen gothic dengan memberikan sentuhan gaya Roma serta terdapat 7 lonceng yang masing-masing mewakili not pada nada. Lonceng yang terbesar dipasang tahun 1655.
Ketinggian Menara Pisa 55,86m dari permukaan tanah terendah, 56,70m dari permukaan tanah tertinggi, lebar dinding bawah 4,09m dan dipuncak 2,4m, dengan 294 anak tangga, bobot diperkirakan 14.500ton.
Menara Pisa dulu pernah dipake Galileo Galilei untuk demonstrasi sainsnya bahwa setiap objek yang berlainan berat yang dijatuhkan nmempunyai kecepatan yang sama.. Siiiiip.. Dan tentunya sampai sekarang, Menara Pisa menjadi objek wisata yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban didunia.. Kereeen bangeeet sih..

3. FLORENCE
Florence dikenal sebagai kota kebudayaan yang melahirkan seniman-seniman ternama seperti Michelangelo, Leonardo Da Vinci, dll. Kalau kita mengunjungi Florence, Piazza Michelangelo tujuan turis terpopuler di Oltrano harus kita kunjungi, yang merupakan sebuah square terkenal di bukit, selatan tepi sungai Arno dengan pemandangan dan panorama yang indah kota Florence.
Piazza Michelangelo dibangun pada tahun 1869 oleh Arsitek Gioseppe Poggi, yang dipersembahkan untuk Si Pemahat terkenal zaman Renaissance "Michelangelo". Disana terdapat tiruan hasil karyanya seperti patung David dan empat allegori dari Chapel Medici, San Lorenzo. Tiruannya terbuat dari perunggu sementara yang asli terbuat dari batu pualam yang berwarna putih..

Ada Special Story neh tentang "PATUNG DAVID".
Cerita tentang pembuatan "David" yang sangat menarik dan menjadi pelajaran berharga.
Dahulu, Michelangelo diminta secara khusus oleh Keluarga Medicis (keluarga kaya raya dan terpandang di Italy pada zaman tsb) untuk menciptakan sebuah patung yang akan diletakkan di alun-alun kota Florence. Sebuah pesanan khusus dari keluarga Medicis bukan hanya berarti sebagai suatu kehormatan besar tetapi pesanan ini juga sebuah tugas yang tidak dapat ditolak begitu saja. Selama dua tahun penuh Michelangelo mencari sebongkah batu yang dapat dipergunakan untuk menciptakan sebuah mahakarya bagi keluarga Medicis.
Akhirnya dipinggir sebuah jalan di Florence, separuh tertutup semak belukar dan tertimbun lumpur, dia menemukan sebongkah besar pualam diatas titian kayu. Batu tersebut bertahun-tahun sebelumnya telah diangkut dari pegunungan, tetapi tidak pernah dipergunakan orang.
Michelangelo telah melalui jalan itu berkali-kali, tetapi kali ini dia berhenti dan menatap batu tsb lebih dekat lagi. Ketika dia maju mundur untuk melihat bongkahan batu pualam itu, dengan jelas dia dapat membayangkan patung David dan melihat didalam batu tsb secara keseluruhan.
Sang pematung dengan segera mengatur agar bongkahan batu pualam itu dapat diangkut ke studionya yang cukup jauh dari tempat ditemukannya batu itu. Dia kemudian memulai pekerjaannya yang panjang dan berat, memalu dan memahat. Diperlukan waktu dua tahun penuh baginya untuk bekerja menciptakan gambaran kasar patung tsb. Dia kemudian menyisihkan palu dan pahatnya, dan menghabiskan dua tahun lagi untuk memoles dan menghaluskan sampai patung ini benar-benar siap.
Michelanhelo pada saat itu telah menjadi seorang pematung yang terkenal, dan kabar bahwa dia sedang mengerjakan pesanan khusus dari keluarga Medicis telah menyebar seantero Italia. Ketika waktunya tiba untuk mempertontonkan patung tsb kepada publik, ribuan orang datang dari seluruh Italia dan berkumpul di alun-alun.
Patung David
Ketika selubung yang menutup patung dibuka, kerumunan massa yang berada disana tercengang dengat mulut ternganga. Patung itu luar biasa indah. Orang banyak bersorak-sorai, wanitaiwanita jatuh pingsan. Para pengunjung merasa kagum melihat kecantikan luar bisa patung hebat itu. Michelangelo dengan segera dikenal sebagai pemating terhebat di zamannya.
Sesudah itu ketika Michelangelo ditanya bagaimana dia dapat menciptakan mahakarya seperti itu. Dia menjawab dengan mengatakan bahwa ia telah melihat patung David dengan lengkap dan sempurna pada batu pualam yang dia temukan itu. Yang dia lakukan hanyalah membuang apa-apa yang bukan David.
Komentar : Michel Angelo membutuhkan waktu panjang untuk menghasilkan mahakarya yang indah. Melalui serangkaian kerja keras yang tak pernah berhenti. Bagaimana dengan kita? Ada yang mengatakan sukses bukanlah tujuan, tapi sukses adalah perjalanan. Kesuksesan bisa kita raih dengan melihat, mengekplorasi potensi yang ada didalam diri kita.. Namun hal-hal negatif dalam diri kita yang dapat menghambat kesuksesan itu harusnya kita buang (sikap pesimis, gampang menyerah, memandang rendah diri sendiri, malas dll). Perlu kerja keras dan semangat dari dalam diri kita untuk meraih kesuksesan yang terbaik. Kadang kita merasa banyak aral rintangan, tersandung dan terjatuh, namun kita tidak boleh menyerah dan jangan cepat putus asa. Karena sukses adalah keadaan disaat kita terjatuh, namun kita dapat bangkit kembali..

DUOMO SANTA MARIA DEL FIORE
Santa Maria Del Fiore
Basilica di Santa Maria del Fiore adalah Gereja katedral (Duomo) di Florence, Italy. Dibangun tahun 1296 dengan Gothic Style oleh Arnolfo di Cambio dan konstruksi diselesaikan pada thn 1436 dengan Filippo Brunelleschi sebagai perancang kubahnya. Dekorasi eksterior katedral dimulai pada abad ke 14 dan belum jadi, sampai pada thn 1887 facade (bagian depan) katedral yang terbuat dari policrom marble dari Carara (putih), Prato (hijau), Siena (merah) selesai oleh Emilio De Fabris. Lantai gereja di lapis keramik pualam pada abad ke 16. Katedral memiliki panjang 153m, lebar 38m dan lebar menyilang 90m dg tinggi kubah 90m.
Duomo Baptistery St Jhon
 Kompleks Katedral terletak di Piazza del Duomo, termasuk Baptistery dan Giotto's Companile. Ketiga bangunan ini merupakan bagian dari UNESCO World Heritage Site, pusat sejarah Florence dan daya tarik terbesar para turis di wilayah Tuscany.
The Cathedral is the Mother Church of the Roman Catholic Archdiocese of Florence, whose archbishop is currently Gioseppe Betori.

Duomo Campanile GiottoKs Bell Tower

4. VENICE
DOGE'S PALACE
Melihat foto-foto Doge's Palace di internet membuat makin ga sabar untuk mengunjungi Venice.. Indaaah sekali.. Doge's Palace merupakan salah satu bangunan terpenting di Venice karena pusat kekuasaan pemerintahan Republik Venetian. Pada awalnya Doge's Palace pada abad ke-10 berupa benteng kayu dengan tower observasi dan kanal disekelilingnya, yang akhirnya rusak karena kebakaran dan bencana alam.
Pada abad ke-14, pemerintahan memutuskan perlunya membangun sebuah gedung yang sesuai dengan kekayaan dan kekuasaan kota, akhirnya pada tahun 1309-1324 Doge's Palace dibangun yang didisain oleh Filippo Calendario dan sempat terhenti karena kematian Calendario yang dieksekusi karena penghianatan. Kemudian dilanjutkan Andrea Palladio arsitektur Renaissance. Konstruksi bangunan melalui 2 fase, sayap timur yang berhadapan dengan Rio di Pallazo dibangun tahun 1301-1340 dan sayap barat yang berhadapan dengan Piazetta San Marco dan membutuhkan 110 tahun untuk membangun yang komplit pada tahun 1450. Bagian selatan berhadapan dengan San Marco Basin, utara berhadapan dengan Saint Mark's Cathedral. Giovanni dan Bartolomeo membangun Porta della Carta, pintu gerbang masuk palace pada tahun 1442. Gaya arsitektur secara umum menunjukkan Venetian Gothic, sebuah struktur gothic pengaruh byzantine.
Interior bangunan menampakkan gaya campuran classic gothic dan renaissance style. Pada Eastern facade, setelah masuk kedalam halaman gedung yang dikelilingi tembok ada tangga yang menuju kamar pribadi, diapit patung Mars dan Neptunus yang dikenal sebagai "Scala dei Giganti"
Bangunan ini memilki banyak kamar dan patung-patung. Pada Lantai dasar terdapat the Cancellery, Naval, dan Censor's Officers, lantai kedua terdapat Doge's private apartements dan Grand Council Chamber (the Grand Council Chamber adalah ruangan kamar terbesar dan paling spektakuler dengan panjang 54m tempat pertemuan para penguasa di Venetian Republik) dan lantai ketiga terdapat Sala del Collegio tempat pertemuan duta asing berisi lukisan terkenal dari Battle of Lepanto by Paolo Veronese tempat gudang senjata dan peta kamar yang dibuka untuk publik. Pada basement terdapat sel-sel penjara tempat narapidana diinterogasi dan dihukum. Terdapat Bridge of Sighs jembatan yang menghubungkan sayap timur Doge's Palace dengan Penjara lama yang dibangun pada tahun 1600.. Seruuuuu bangeet ya..
THE BRIDGE OF SIGHS
Ponte dei Sospiri dalam bahasa Italia, merupakan sebuah jembatan yang terletak di Venice, utara Italia. Terbuat dari batu kapur putih dan memiliki jendela dengan batu jeruji besi, melewati Rio di Palazzo yang menhubungkan penjara lama untuk ruang interogasi di Doge's Palace yang didisain oleh Antoni Cantino dibangun pada tahun 1602.
Nama Bridge of Sighs diberikan oleh Lord Byron diabad ke-19, yang idenya timbul dari para narapidana yang selalu menarik nafas saat dibawa dari sel-sel untuk dihukum dan itu saat terakhir bagi mereka menikmati pemandangan Venice yang indah dari luar jendela. Pada kenyataannya hari-hari inquisitions dan eksekusi dilakukan diatas jembatan sedangkan sel-sel yang dibawah palace ditempati oleh penjahat-penjahat dalam waktu singkat.
Ada legenda setempat yang mengatakan orang yang saling mencintai akan diberikan cinta yang kekal/abadi dan kebahagiaan itu didapat bila berciuman digondola saat sunset dibawah jembatan dan pernikahan yang bahagia untuk sepasang suami istri sepanjang hidupnya.. Hiksss hiksss romantis bangeeet.. Mauuuuuu dooong honeymooon ke Venice..

 ST. MARK SQUARE
Piazza San Marco sebutan dalam bahasa Italy merupakan square untuk publik yang terletak di jantung kota Venice dan menjadi salah satu daya tarik terbesar di dunia. Square ini terdiri dari 3 sisi, dimana St. Mark's Church terletak diujung timurnya.
Hari-hari St. Mark's Square dipenuhi oleh kunjungan orang-orang, alunan musik dan burung merpati. Kita bisa menghabiskan waktu di area ini dengan mengunjungi Doge's Palace dan Museo Correr atau ke bagian puncak Bell Tower untuk menikmati pemandangan indah kota Venice.
Katanya seh, aktivitas paling populer disana adalah memberi makan burung merpati, makanannya berupa biji jagung yang mudah dibeli dari penjual di Square. Kemudian kita bisa mengambil foto saat burung merpati bertengger dilenganmu, pasti kereeen deh.
Sesudah mengunjungi beberapa pemandangan indah di St. Mark's Square, kita bisa berhenti untuk istirahat sambil minum-minum di Cafe Florian atau Cafe Quadri. Di kedua cafe terdapat hiburan permainan live sebuah orkestra.. Asiik ya kedengerannya.. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
My World Design by: Yanmie at Permata Hatiku