Jumat, 14 Januari 2011

Tour ke Hongkong

Amazing vacation.. Salah satu impianku adalah mengunjungi Disneyland diseluruh dunia. Eiiit, jangan pernah berpikir karena masa kecilku ga bahagia looh, tapi karena aku justru merindukan masa-masa kecilku yang bahagia. Naaaaah, tour ke Hongkong Disneyland Macau bagian dari wujud impianku yang jadi nyata.. Kamu kamu dah siap terpesona? He he.. Jadwal tour 11-15 Desember 2010 melalui Denpasar, EO salah satu travel terbaik di Bali yang mengurus ittenerarynya. Aku mah tinggal manuuut waaaae..

Tgl 10 desember aku ke Bali dengan pesawat IAT (sengaja aku berangkat sehari lebih cepat untuk menghindari hal2 yang ga diinginkan), jam18.00 tiba dan The Alit hotel tempat aku menginap sudah menjemputku, lokasinya dekat dengan bandara Ngurah Raih sekitar 5-10menit naik mobil. Hotelnya artistik dan rupanya disana sbagian besar tamunya turis dari Jepang. Harganya semalam 400rb. Kamarnya luas, nyaman dan bersih. Aku segera beristirahat, uuuuh ga sabar nunggu besok he he.

Hari 01 (11 des 2010) : Denpasar- Hongkong
The Excelsior Hotel
Cathay Pasific CX 784 seat 62E, melalui gate 8 aku boarding pukul 16.00 Wita, perjalanan diudara nyaris tanpa gangguan, hingga pukul 20.30 aku landing di HK Internatinal Airport. Aku keluar melalui pintu Exit B tourist pick up area, local Guide sudah siap menjemputku ( katanya dia bakalan bawa sign board "Ms Selvi" hehe seruuu juga) yang akhirnya kutemui, namanya Mr Charles yang rupanya bisa berbahasa Indonesia.. Syukuuuurlah.. Leegaaaa he he. Kurang lebih 30menit, mobil Alphard 1 milyard yang mengantarku tiba di Excelsior Hotel Cause Way Bay (CWB) tempatku menginap yang berdekatan dg pusat perbelanjaan di HK wooooow hehe. Aku menyusuri CWB yang masih saja ramai, mencari makan yang kira2 cocok untuk lidahku. Nasi goreng indonesia di Restaurant Tsui Wah pilihanku, ternyata rasanya sangaaaaaaaaat aneeeeeeh, ga akan 2x aku mencobanya hehe harganya sekitar 50rban.. Setelah menikmati CWB sesaat, aku pulang ke Hotel krn aku merasa cukup lelah dan harus mempersiapkan diri untuk memulai tourku. Pagi pukul 09.00 Mr C akan jemputku di Lobby Hotel. HK, I'm coming..goood nite.

Hari 02 (12 Des 2010) : Hongkong City Tour
@ Avenue Star
On time teeeeeet pukul 09.00 aku dijemput, sekitar 15 orang dari Indonesia tergabung dalam tour ini. Perjalanan hari ini dimulai dari Avenue of Stars... The Avenue of Stars is located along the Victoria Harbour waterfront in Tsim Sha Tsui Hongkong. Dibuka sejak 28 april 2004 yang menghabiskan biaya HKD 40million waaaaauw.. Masuk dari Salisbury garden sekitar 4-5meter ada Replica of the statuette given to winners at the HK film awards greet's visitors. Sepanjang 440m, the story of HK's one hundres years of cinematic history is told through inscriptions printed on nine red pillars. Pemandangan Victoria Harbour indah sekali, dingiiiiin dan angiiiiiinya gede,, trus di semen ada terbentuk cap tangan para artis dan namanya, aku sempet berfoto dg kamera di hand prints Jet Lee dan Jacky Chan hehe. Kemudian aku melanjutkan perjalanan ke JEWELLERY WORKSHOP, wadaaaaaaaaaaaauw toko berliaaaaan.. Indah, warna warni, unik and too expensive for me..hiks hiks.. Tapi katanya sih ada garansinya seumur hidup dan ditanggung keasliannya, salah satu pemiliknya Jacky Chan loh.. Pengunjungnya rame bgeet,, aku mah ga beli, cuma cuci mata doaaaang hehe. Iiiidiiiih siriiik juga ngeliat mereka yang akhirnya membeli hehe,, Blum waktunya, Selvi engkau membeli berlian, hibuuuur hatiku hehe. Lanjuuuuuuut ke PEAK TRAM RIDE, VICTORIA PEAK dan MADAME TUSSAUD'S.
Peak Tower

Victoria Peak Garden

Hongkong City View From The Peak Tower

Peak Tram
Dah nyampe deh di The Peak Tram, karcis masuknya 20HKD one way untuk dewasa, waduuuuuh ngantriinya panjang bgeeeet. The Peak Tram is a funicular railway (trem yang digerakkan dengan kabel) dengan panjang 1364m, tinggi 368m, Track gradient 4-27 derajat, kapasitas 120org, waktu perjalanan 4,9menit dan kecepatannya 6m/detik. Lokasinya at central's Garden Road St Joseph Building. Pas giliran kita, agak berebutan naik untuk mgambil posisi duduk sebelah kanan dkat jendela, krn katanya pemandangannya indah, The Peak Tram yang akan membawa kita ke level tinggi Hongkong Island,, kereeeeen. Idiiiiiih cuacanya agak berkabut, pemandangannya jadi ga begitu jelas.. Sediiiiih. Victoria Peak yang dikenal dg nama Mount Austin and locally as the Peak, berlokasi in the western half of HK island with an attitude 552 m, it is the highest mountain on the island proper. Pemandangannya sangat indah, terlihat Hongkong, Kowloon dan Victoria Harbour.. The Peak Trem berhenti, kita smua turun dan berjalan mengunjungi The Peak Tower yang sangat unik bentuknya, di top level elevator ada deck dimana pemandangan indah victoria Harbour terlihat.. Kereeeen bgeeet sih.. The Peak Tower ada Madame Tussaud's wax works Museum ituloh boneka patung lilin yang menyerupai artis atau tokoh ternama di dunia..
With Jackie
Aduuuuuh ga saaaaabar pgen masuuk,, ya ampuuuuuuuun boneka patung lilin Jacky Chan mirip bangeeet, mgk saking miripnya spesial kalau mau foto dg Jacky Chan bayar 120 HKD, idih foto ama patung aja baaayar (oh ya, kita boleh foto tp kl ga suka fotonya ga ambil juga gpp), meski ngomel dalam hati aku foto juga ama si patung JC itu huhu, dan anehnya foto itu kubayar juga hehe. Karena ternyata hasilnya lucu juga hehe.
With Obama

With Einstein
Waaah, ada Obama, Albert Einstein, Jhonny Deep, Brad Pit, Angelina Jolie, San Chai.. Krn gratiiiis, smua patung kuajak foto.. Saat dipintu keluar ada shop Madame Tussaud aku membeli beberapa gantungan kunci untuk oleh2. Keluar dari sana mengunjungi the Peak Gallery Shopping Centre membeli kaos HK, gantungan Kunci dan kaos Hard Rock HK.. Ga terasa dah jam14.00, smua pada kelapaaaaaaaran.
@ Jumbo Restaurant
Kita naik ke bis yang akan membawa kita lunch di Jumbo Restauran.. 15 menit nyampe deeeh, wah ternyata restoran terapung, naik kapal kecil menuju restorannya. Seruuuu bangeeet sih.. Meja makan udah disiapkan untuk kami, menunya satu persatu dikeluarkan, Sup China, Cumi, Fu Yung Hai, Udang, Daging Presto, Tahu Cina, Kerang yang dimasak ala China.. Ueeeeenaaaaaak tenaaaan. Kenyaaaaaaaang. Selesai Lunch kita pulang diantar ke Hotel masing2..

Cause Way Bay
Pukul 16.00 aku tiba di Hotel, naik ke kamar cuma untuk meletakkan barang2 yang aku beli hehe krn aku langsung berjalan2 menyusuri Cause Way Bay (CWB). Asliii, rame pooool dijalan CWB, aku ke Sogo yang kebetulan dekat dengan Hotel, supriseeeeeeed aku menemukan Paul Frank disana.. Dengan sedikit kalap aku memilih2 PF yang ingin kubeli, sweater kuning dan kaos biru PF pilianku totalnya 918HKD sekitar 1jtan gitu deh . Suiiiit suiiit kabar gembira, kata SPGnya didekat Times Square walk 15menit dari Sogo ada storenya PF.. Wah tanpa membuang waktu aku keluar dari Sogo mencari the PF Store G/F sharp Street East CWB. Melewati store Esprit kusinggahi bentar krn ada jaket kulit pink yang menarik n akhirnya kubeli. Ternyata walk3menit dari Esprit ketemu deh Storenya PF. Oooooh.. My Goood, rasanya aku ga bisa bernafas melihat ada sepeda Pink PF. Tapi meskipun punya uang tapi bagaimana cara membawa ke Indonesia?? Huhu, akhirnya yang kubeli kaos dan sepasang sandal jepit 488 HKD..
Dan yang paling penting sempet berfoto disana yang akhirnya ketauaaaan dan kena tegur,, tapi kasiiiiiiian deh lu, udah terlanjur dapat 3 moment.. Keceeleee.. Uda lelah berjalan aku pulang ke Hotel, sedikit tersesat seh pulangnya tapi yang penting nyampe juga di kamar hotelku yang bersih dan nyaman.. Sebelum lupa sandal dan alat mandi hotel udah kumasukin ke koperku untuk kenang2an hehe.. Mandi, bobo, mimpiiii indaaaaah deeeeeh.

Hari 03 (13 Des 2010) : Disneyland Hongkong
 View Dari Jendela Kamar
Pagi-pagi sekali aku dah bangun, kusibakkan tirai astaaaaaaaga, pemandangan harbour dari jendela kamarku begitu indahnya. Kapal2 yang bersandar menambah keindahannya.. Menyesal kemarin aku melewatkan kesempatan menikmati indahnya Ciptaan Tuhan.. Namun pagi inipun aku ga bisa menikmati lebih lama karena aku harus mandi dan siap2, Mr C akan menjemputku jam 7. Aku memilih memakai terusan bertali motif kotak2 kombinasi pink, biru, putih dan sepatu sandal Charles & Keith bertali putih. Ehm, rasanya cantik hehe.. Oke, I'm ready to go..
Mr C mang selalu tepat waktu, jam 7 tepat dia sudah menjemputku.. Ternyata peserta tournya sama seperti kemarin, waaaaah seru neh krn kita udah saling mengenal.. Ada dokter spesialis jiwa dari Jakarta (istrinya dokter umum) dan anaknya ikut juga dalam tour ini. Perjalanan ke Disneyland membutuhkan waktu sekitar 1jam, Mr C membagikan tiket masuk, guide map in english, dan Time's guide Disneyland ke kami smua. Dan bisa-bisanya aku sempet tertidur didalam bis hehe, hingga tak terasa kami dah nyampe di area parkir bus pariwisata Disneyland..Hari ini kami bebas bermain seharian.
Welcom to Disneyland HK
Horeeeeeeee.. Masuk ke Gerbang Disneyland, foto-foto duluuuu aaaah.. Wiih lucu bangeet, taman bunga berbentuk wajah Mickey Mouse dan air mancur Mickey, Goofy etc..

Disneyland Map
Sebelum memulai petualangan ciyeeeee.. gaya amaaat hehe, aku pelajari dulu GUIDE PARK's MAP and Time's Guide, agar atraksi2 tak ada yang terlewatkan.. Uuuuh liat map nya aja dahh giraaaaang bangeeeeet.. Oke oke, gaaaa sabaaaaaar.. Disneyland terbagi 4 bagian utama neeeeeh.. Kita susuri satu persatu ya. MAIN STREET U.S.A.. Let's go, HK Disneyland Railroad, kita naik kereta yuk keliling Disneyland, bisa berhenti di Fantasyland atau kembali ke tempat semula. Dah selesai keliling dengan kereta, nikmati udara sejuk Disneyland dengan berjalan kaki. Sepanjang Main Street U.S.A kita menemui Animation Academy tempat belajar menggambar karakter tokoh Disney favorit kita, Art of Animation, City Hall tempat informasi, dikanan kiri ada Restautant dan Shop.
Gerbang Adventureland
Tarzan's Tree house
Jungle River Cruise
Pilihanku selanjutnya bermain di ADVENTURELAND, sambil menunggu Festival Of the Lion King pukul 12:45 aku mengikuti Raft to Tarzan's Tree House, menyusuri sungai di Tarzan Island and Tarzan's Tree house trus seru-seruan ikut Jungle River Cruise, journey with your intrepid skipper along the mysterious Rivers of Adventure.. Mengagetkan, krn ada bunyi tembakan2 pemburu, water effect dan obor api yang terasa hawa panasnya ke badan kita,, uuuuh belum lagi hebohnya suara si pemandu yang nakut-nakutin, bikin orang2 makin teriaak ketakutan aja huuuuuu. Tapi yang aneh, uda tau itu  buatan manusia, tapi masih aja kaget he he jadiii geli ndiri. Setelah berakhir, kita langsung menuju Theatre in Wild bersiap menonton selama 30 minutes Festival Of Lion King yang terkenal itu. Waah, antrinya panjang bangeeeeet ya,   tapi kamu2 ga kan nyeeeeeeeesel nontonnya karena baguuuuuus bgeeeeet, sampai merinding menyaksikan witness a colourful pageant of music and dance, dahsyaaat dan lenturnya tubuh penari balet yang menari diudara dengan bantuan tali.. Aduuuuh, ngiiiiileeeer pgenn bisaaaaa.. Pantasan aja Mr C bilang, saking menariknya terkadang pengunjung bisa menonton berulang kali he he. Mungkin kalo ada waktu, aku juga pengen nonton ulang he he.. Petualangan di Adventureland berakhir, aku menuju FANTASYLAND..
Sleeping Beauty Castle
Waoooooooow woooooooow woooooooow, aku terpesona dan rasanya penuh dadaku menahan kagum, Sleeping Beauty Castle istana impianku, charming and elegant (pengeeeeen punya rumah mirip SBC, amiiin) puas berfoto, jam13:45 aku menonton Mickey's Philhar Magic film yang menggunakan kacamata 3 dimensi selama 30menit.. Seruu juga, krn saat adegan dalam air kita bisa merasakan percikan air, saat angin besaar kita merasakan terpaannya seperti sungguhan hehe, hebatnya pencipta ini smua. Filmnya The End, kita lanjut ke atraksi Dumbo the Flying Elephant, Cinderella Carausel, mengunjungi Fantasy Garden, it's small world a christmas take a journey on "the happiest cruise that ever sailed" as children of the world sing and dance to the song "it's a small world (after all), the Golden Mickey, The Many Adventures of Winnie The Pooh dan Snow White Groto.. Aduuuuuuuh, betisku kemeeeeeng n wajahku dah keringatan plus berminyak, ditambah perutku yang keroncongan.. Mau makaaaan dulu ah, makan mie di Clopin's Festival of Foods aja. Rasanya enak dan habiiiiiiiis hehe.. Ga tau mang enak atau akunya yang kelaparan he he.. Seperti batrei HP yang baru dichas, segar bugaaaaaar dan aku dah siap melanjutkan perjalanan ke TOMORROW LAND.
Gerbang Tomorrowland

Atraksi di Tomorrow Land, benerrr beneeeer kayak masa kecil saat main di dufan aja hehe. Ada atraksi Space Mountain, take a thrilling high speed journey to the far reaches of the universe and back on this interstellar roller coaster, tus ada Stitch Encounter tapi aku ga mencobanya hehe, nah Orbitron neh yang aku naik,, nyetir ndiiiri flying soucer high above seruuuu dan sempet difoto juga momentnya hehe. UFO Zone, Autopia, dan Buzz Lightyear Astro Blasters, atraksi yang juga ga kuikuti tapi ada sih untuk foto2 doaaang. Lagian Parade di Main Street akan segera dimulai dan aku ga mungkin melewatkannya karena Parade hanya sekali setiap harinya. Para pengunjung udah berbaris tertib disisi jalan.

Parade Disney
Bunyi drumband yang menghentak dan alunan lagu yang penuh semangat mulai terdengar dari kejauhan,, para dancer dengan berbagai kostum berkarakter warna warni yang sangat menarik menari dengan lincah dan sangat kompak, indah dan sedap dipandang mata. Satu persatu Tokoh Disney dengan kendaraan penuh hiasan lucu dan manis berparade, mereka melambaikan tangan, tersenyum manis, dan kiss bye. Ada Mickey Mouse, Minnie, Goofy, Pluto, Donald Duck, Alice, Cinderella, Snow White, Sleeping Beauty dan masih banyak tokoh lainnya. Kamera ga kenal lelah jepret sanaa jepret sinii, untuk mendapatkan moment terbaik he he.. Aduuuh, perasaaanku hari ini rasanya bener2 rileks, lepas, bebas dan sangat senang.. Ku akui, Disneyland mang surga bermaiin bukan cuma buat anak-anak tapi buat orang dewasa juga..
Parade dah berakhir, sambil menunggu acara Puncak Fireworks pukul 20:00 sekaaarang tiba saaatnya untuk shopping pernak pernik, kaos Disneyland di Crystal Arts. Cukup lama aku memilih, karena terus terang banyak pilihan dan semuanya bagus tapi ga mungkin beli banyak-banyak ksrena harganya bagus juga alias mahaaal hehe. Aku membeli 2 kaos, pink dan merah untuk diriku ndiri. Lalu untuk ponakanku ada yang kubelikan kaos, ada yang kebelikan pulpen warna warni. Bapak kubelikan kaos berkerah putih bergaris biru tulisan HK Disneyland. Kalo mama harus dibelikan tempat lain neh, kayaknya ga cocok hihi. Pembayaran dah kuselesaikan krn ga tau harus kemana lagi, terlebih hari mulai gelap. Akhirnya aku duduk disisi jalan depan SBC degan sabar menunggu saatnya fireworks atraction. Semua pengunjung duduk bersila dengan tertib.  Menit- menit terasa lama, menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan he he.. Namun semuanya tidak sia-sia.
Fireworks Atraction @ Sleeping Beauty Castle
Teeeeet.. Pukul 20:00 terdengar pemberitahuan FIREWORKS ATRACTION segera di mulai.. Duuuuuarr, duuuaaar, duuuuarrr letusan kembang api menari menggapai langiiiiiiit, warna warni, menciptakan nuansa gemerlap terang benderang di langit yang gelap. Wouuuuuw, wouuuwww. Kereeeeeen bangeeeeeeet, salah satu moment terindah dalam perjalanan liburanku. Dengeeer-dengeeer, fireworks  yang berlangsung selama 15 menit ini menghabiskan biaya sebesar 350juta ha ha ha, hebaaaaat.
With Ririn AADC
Atraksi dah berakhir, semua pengunjung bergegas bangun dari tempat duduknya, bersiap2 pulang. Namun Raut kepuasan dan kebahagian terpancar diwajah pengunjung. Akuu juga bersiap-siap pulang, berjalan menuju parkir bus pariwisata. Namun sebelumnya aku singgah ke toilet, saat cuci tangan di wastafel suprisssssed, aku bertemu Ririn Dwi Aryani, pemeran Cinta sinetron "Ada Apa Dengan Cinta". Sikapnya ramah dan ga jaim hehe. Aku sempet berfoto dengan dia sebagai kenang2an. Makaasi banyak Ririn, kudoakan Tuhan membuat setiap pekerjaan tanganmu berhasil, Amiiin. Kami dah ditunggu Mr. C yang akan mengantarkan kami ke hotel. Tapi kami minta didrop di Rumah Makan Padang yang tak jauh dari hotel, karena  kangeen makanan Indonesia. Aku makan nasi goreng, cumi dan es dawet woooh mahal juga 240rb, kenapa sama dengan harga breakfast dihotel yang all you can eat hehe.. Udaaalah, yang penting kenyang kan ga sering-sering, yang penting dah pernah mencoba he he. Setelah makan, aku pulang ke hotel melalui CWB yang suasananya ga pernah mati. Mandi, trus bobo yang nyenyak..hooooooooam..Zzzzzzzzz

Hari 04 (14 Des 2010) : Macau
TurboJet
Aku dah mandi, ready to go Macau with Ferry. Aku mengenakan Kaos LOVE Mickey Disneyland HK dan Celana jeans Esprit plus Jaket Color Box. Tour guide englishnya bernama Mr Henry. Kalo ke Macau jangan lupa pasport ya.. Sampai di pelabuhan, telah berkumpul peserta lainnya dan siap berangkat ke Macau. Perjalanannya kurang lebih 2jam, cuaca agak berkabut dan hawanya dingin, agak menyesal pake celana pendek tapi gapapa deeeh,, biar kedinginan yang penting gayaaaa he he. Tiba di pelabuhan Macau, melewati proses imigrasi etc, kita memulai tour dengan mengunjungi THE MUSEUM OF MACAU.
The Museum Of Macau
1st Floor

(Perjalananku kali ini rada serius karena sekalian belajar sejarah hehe, beda bangeeet dengan Disneyland). Tiba di Museum Macau yang berlokasi di Monte Fort samping St. Paul's Ruin. Museum Macau dibuka tahun 1998, isinya mengajarkan kita tentang sejarah, masyarakat dan kekayaan kebudayaan Macau (beraaat bgeeet ilmunya yaa hehe). Saat berada di 1ST FLOOR  yang bertema BEGINNINGS. Kita bisa menemukan the birth fo gate way to east and west. From the moment you enter, you can already see the difference between Eastern and Western Cultures. Depicts the beginnings of Macau and the arrival of Pottuguese Traders and Jesuit Missionaries.
2nd Floor
Lanjuut ke 2nd FLOOR yang bertema GENESIS menggambarkan tradisi dan kehidupan sehari-hari Macau tempo doloeee hehe termasuk kebiasaan, upacara, wedding ceremonies dan festival-festival.
3rd Floor
3rd FLOOR "MODERNITY", gambaran Modern Macau, ada satu ruangan khusus yang berisi literatur Macau and Patau (the Local Portuguese Dialect) termasuk the Famous Names of Camoes and Pessanha. Dari sini, menuju keluar tampak the wall of the Monte Fortress. So, keluar aja.. Ke MOUNT FORTRESS dan nikmati pemandangan indah Macau, Grand Lisboa  dan mainland China. Oh,ya Museum dibuka setiap hari pukul 10am-6pm kecuali Senin.. Disana juga ada souvenir shop and bar.

Dari Museum Macau, kami melanjutkan perjalanan ke The Ruins of St Paul,s Cathedral, Nacha Temple dan Section of The Old City Walls.. Jaraknya dekat, bersebrangan gituu.
Woooow, Beautiful Place.. The Ruins of St Paul's (dikenal dengan nama "Sam Bo Sing Tzik") yang dibangun pada tahun 1582-1602 by Jesuits, the Cathedral was the Largest Catholic Church in Asia Timur at the time. Bangunannya megah, bernilai seni tinggi, berkarakter dan memiliki makna bersejarah.. Indahnya.. Katanya, kalo ke Macau kita harus mengunjungi  The Ruins Of St Pauls yang terkenal indah dan bersejarah. Dibangun dari granit, bagian depan Cathedral kaya dengan ornamen tapi dengan karakter oriental klasik..

The Ruins of St Pauls, from the bottom up, the structure has five tiers :
The FIRST tier is comprised of ten iopnic column with 3 entrances. The Entrance in the middle has "MATER DEI" carved into it. The 2 entrances on each side are decorated with bas-reliefs in the pattern of "HIS".
The SECOND tier features 10 Corinthian columns with 3 windows. A Cstholic sain in enshrined in each of S tabernacles between column. The two tiers as a whole is said to represent the Society Of Jesus and the activities of missinaries.
The remaining 3 tiers are the most decorated. The statue of Madonna stands in the middle of the THIRD tier, while the statue of Jesus Stands on the FOURTH. The walls are COVERED with bas-relief in various patterns like Devils, Angels, Symbols of Crucifixion, a Portuguese Sailing Ship, etc.
The triangular combination of the upper three tiers reflects the HOLY Trinity (the Father, The Son, and The Holy Spirit) as well as the Blessed Virgin Mary. A cross stand at the coping of the wall. The Ruins of St Paul's has been restored during 1990 dan 1995.  Aduuuuh, si guide tour ngomongnya cepet banget, uda tau neh bangunan bersejarah sulit ngapalnya eh cas cis cus.. Ga pake rem. Capeee deeeh..
Old City Walls
Nacha Temple
Oh ya di sebelah The Ruins Of St Pauls ada NACHA TEMPLE, one of the oldest historical temple in Macau, yang dibangun pada tahun 1888 hanyalah sebuah bangunan kecil yang terbuat dari material sederhana namun memiliki banyak makna bersejarah, dan the Old City Walls. Opening Hours Daily 08:00-17.00. Setelah puas berfoto2 disana, kita lunch all you can eat di area Fisherman Wharf..
Restoran "all u can eat" yang kita datangi uda rame dengan visitors banyak negara. Kayaknya seh Restoran yang mang direkomendasi untuk turis deeh.. Aduuuh semoga perut Indonesiaku cocok dengan foodnya.. Alamaaaak.. Melihat hidangan yang telah tersedia, rasa2nya hampir smua belum pernah kucicipi deh hehe, cuma kentang yang dicampur daging paprika aja yang keliatannya familier hehe. Aku mengambil sedikit untuk tiap 1 jenis makanan.. Rasanya lumayan, lebih maknyus di restoran Jumbo Hongkong.. Aku cepet-cepet ngabisin makananya, karena aku ingin segera berkeliling Fisherman's Wharf hehe.
 Fisherman's Wharf (FW), Theme Park pertama di Macau yang lokasinya dekat dengan dermaga Ferry HK- Macau cuma 5 menit jalan kaki loh. Opening Ceremony, trial operation dimulai Desember 2005, namun secara resmi baru dibuka Desember 2006. FW's kompleks yang terdiri 150 store, restoran, 6 rides, a slots hall, a 72 room hotel dan sebuah casino.
 Attraction di FW's seru-seru, tapi ga semua bisa kunikmati karena waktunya sangat sempit. Aku hanya sempet melihat Vulcania bagian dari EAST MEET'S WEST, replica vulcania yang tingginya 40m meletus tiap malam and inside of which the river of fire, white water and dragon quest and rollercoaster rides are housed. Eksterior Vulkania ada jalanan yang mirip the Potala Place in Lhasa, Tibet. Selain Vulcania, di FW's ada Aladdin's Fort, Aqua Romanis (mirip shopping centre di Roma), Roman Amphiteathre an outdoor Colosseum yang bisa menampung 2000 seat biasanya digunakan untuk konser.

Replika Vulcania

Vasco da Gama

Aladdin's Fort

Aqua Romanis
Roman Amphiteathre an Outdoor Colosseum
 Legend Wharf yang terdiri dari kompleks Shop, Restoran dan Casino themed a Coastal Towns including Miami, Cape Town, New Orleans, Amsterdam, Venice, Spain, Portugal, the Italian Riviera. Kemudian ada Vasco da gama Waterworld a permonfance venue for water based shows including 4 jetski perfomance every day.. Aduuuh, sebenarnya sangat seruuuu, indah dan menarik jika kita bisa menikmati semua atraksi disana. Tapi terpaksa gigit jariiiii, karena aku daaaaaaah harus melanjutkan perjalanan ke Macau Tower..

Perjalanan ke Macau Tower 10menit, tour guide sudah menyiapkan tiket masuk untuk kami semua. Di pintu masuk tower ada studio foto berlatar Macau Tower, yang hasil fotonya bisa diambil di pintu exit. Dengan Lift kami naik ke observation deck. Tinggi tower 338m dari lantai dasar hingga level tertinggi. Di rancang perusahaan arsitektur Craig Craig Moller  thn 1998 dan dibuka sejak 19 Desember 2001. Macau Tower termasuk dalam anggota World Federation of Great Towers, karena selain untuk Observasi dan Entertainment, juga untuk telekomunikasi dan broadcasting. An observation deck with panoramic views, restoran, teater, shopping mall, dan SKY WALK X a thrilling walking around the outer rim.
Bungee Jumping
Skywalk X
Di ketinggian 233 ada "SKY JUMP" and "BUNGEE JUMP" by world renowed AJ Hackett from the tower's outer rim. Iiiiih ngeri banget ngeliatnya, meskipun dah ada ikatan tali pengamannya tetep aja ngeeeeeri, heraaaaan kog pada berani seh yang ikutaaaan bungee jump, apa mereka ga spooooort jantung he he? Bungee Jump Macau Tower neh termasuk bungee jump komersil tertinggi didunia. Iiiih seeeeerem bget. Aku ga berani liat, jadi aku memilih melihat shop yang menjual pernak pernik Macau Tower dan membeli kue Egg Tart Portugis yang terkenal sangat lezat. Waaaaah, ternyata kuenya mang enak sekaaaaali hehe, harganya 10rb satu biji waaah mahal juga yaaa hehe.
 Waktu mengunjungi Macau Tower dah abis, kita segera melanjutkan tour ke A-Ma Temple.. Tiba disana, kita msh perlu berjalan 5menit melewati shop yang menjual cindera mata untuk sampai ke A-Ma Temple..
Waaaaah, ternyata A-Ma Temple berhadapan dengan laut yang menjadi dasar Rua Do Admirante Sergio, ujung barat daya Peninsula Macau dengan Barra Hill dibelakangnya. Lautnya tenang bgeeeet, indah. Menurut guide tournya, dibangun sejak thn 1488 hehe zamaaaaan dulu banget, dan memang A-ma Temple termasuk 3 temple China tertua di Macau. Nama Macau sendiri diambil dari A-Ma Kok, yang berarti teluk A-Ma Temple.
A-Ma Temple dipersembahkan untuk Dewi Matsu dikenal sebagai A Ma, kalau di Hongkong sebagai Tin Hau yang merupakan Dewi Pelindung para pelaut dan nelayan..
Agak buru-buru juga seh, mengelilingi Seluruh bangunannya krn waktunya sempit. Ada 4 bangunan utama A-Ma Temple, yaitu The Prayer Hall tempat para pendoa, the Hall of Benevolence tempat kebajikan atau perbuatan baik, the Hall for Dewi Guanyin dan the Buddhist Pavillon. Ada juga sih bangunan tambahan lainnya yang dipersembahkan untuk dewi yang berbeda dari Taoism, Confucianism dan Buddhism. Aduuuuuuh, tour ke Macau neh beneeeeer-beneeeeeeer berat, mempelajari sejarah padahal kan dalam pikirannnya pengeeeen rileks eeeeeh malaaaaaah banyak mikir hehe. Tapi seneeeeng juga sih karena jadi nambah wawasan. Mungkin saking bersejarahnya, A-Ma Temple is one of the places within the historic centre of Macau and is inscribed by UNESCO as a World Heritage Site.
Oh ya, sebelum pulang aku mengunjungi toko kue di area A-Ma Temple yang menjual EGG TART Portugis asli.. Enakkkkk, 4 biji 28 HKD.. Aku bli 2 kotak aja.. Karena katanya seh ga tahan lama, padahal pengeeeennya bawa pulang ke Indonesia hehe.. Setelah dari A-ma Temple kita langsung menuju ke pelabuhan Macau, pulang ke Hongkong naik Turbo Jet yang 1jam lebih cepat  dibanding naik ferry. Sebelum naik TJ, aku sempet berfoto bersama STEPH kenalanku peserta tour juga yang berasal dari Australia..
With Stephanie
Tiba di HK pukul 18.30.. Kita diantar ke hotel masing-masing. Meskipun diantar ke hotel, tapi aku ga masuk hehe langsung joooooooooos jalan2 lagi ke CWB karena ini hari terakhirku di HK.. Pizza Hut pilihanku untuk makan malam kali ini, aku memilih Spagheti Bolognise aduuuuuuh lagi-lagi ga ada saosnya, adanya cuma tobasco sambal idiiiiiiiih,, kenapa seh di HK ini ga ada saosnya. Ga maknyus bgeeet seh, tapi aku habisin juga seh meskipun dengan perjuangan berat karena 'eneeeeg'. Setelah makan, aku keliling2 CWB aja sampai lelah dan akhirnya pulang ke hotel, mandi trus bobooo. Tapi sebelum tidur aku dah merapikan koperku, karena bsok jam6 pagi Mr C akan menjemput dan mengantarkanku ke bandara.. wuiiiiiih padaaaaat..

Hari 05 (15 Des 2010) : Hongkong-Denpasar
@Airport
Jam 06.00 Mr. Charles dah menjemputku di Lobby, menuju ke Bandara International Hongkong. Dia membantuku untuk Check in. Cathay Pasific CX785, gate 16, seat 49K boarding 09.40.. Namun sebelumnya aku sempet breakfast Mc Donald di bandara. Pesawat take off pukul 10.05 terbang nyaris tanpa gangguan dan tiba di Denpasar pukul 14.50. Aku melanjutkan ke Mataram dengan Merpati pukul 17.00.. Wah.. Pulang Kampung neeeeeeh hehe. Sungguh perjalanan yang cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan.. Terima kasih Tuhan telah menyertaiku sepanjang perjalananku.. Amiiiiin..